Pahlawan Musik Anak-Anak : AT Mahmud

Siapa yang tidak kenal sosok pencipta lagu anak-anakAT Mahmud? Beliau telah berjuang menciptakan ratusan lagu anak-anak Indonesia selama masa hidupnya. Tidak hanya menciptakan komposisi lagu indah nan syahdu, beliau juga mempromosikan lagu-lagu anak lewat program musik anak asuhannya di TVRI pada tahun 1968. Acara-acara seperti Ayo Menyanyi yang bersifat edukatif dan Lagu Pilihanku lebih mengarah ke kompetisi menyanyi. Penampilannya di layar kaca telah menarik minat industri rekaman untuk mengabadikan karyanya dalam piringan hitam. AT Mahmud juga pernah mengabadikan lagu-lagunya dalam bentuk buku, yaitu Lagu Anak-Anak Kami Bernyanyi yg disusun pada tahun 1969 dan Lagu Anak-Anak Main Ayunan pada tahun 1970. Selain berkecimpung dalam dunia musik beliau juga memberikan perhatiannya pada dunia pendidikan.  A.T Mahmud pun sempat menulis beberapa buku, terutama sebagai anggota tim. Hal itu terjadi ketika menjadi anggota tim penulis untuk buku musik SPG pada Proyek Penyedian Buku Sekolah Guru Tahun ke-5 Pembangunan Lima Tahun I 1973/1974. Sejumlah buku yang ditugaskan pada timnya adalah buku Musik 1, 2, 3, dan 4 untuk SPG. Selanjutnya, ia bersama Bu Fat menulis buku pelajaran musik Musik di Sekolah Kami Belajar Seni Musik Aktif dan Kreatif untuk Sekolah Dasar yang diterbitkan Balai Pustaka tahun 1994.

Berikut adalah sedikit dari sekitar 500 lagu anak-anak karyanya yang pernah populer di masa lalu dan tetap dikenal masyarakat, bukan hanya anak-anak, melainkan juga orangtua, hingga saat ini:
– Anak Gembala
– Libur Tlah Tiba
– Paman Datang
– Di Stasiun
– Kereta Apiku
– Sukacita
– Cemara
– Angin Bertiup
– Mendaki Gunung
– Burung Bernyanyi
– Barisan Musik
– Hujan Rintik-rintik
– Hujan-hujan
– Ambilkan Bulan Bu
– Bintang Kejora
– Pelangi
– Amelia
– Cicak di Dinding

Namun, sangat disayangkan pada tanggal 6/7/2010 tepatnya hari Selasa pukul 13.10 WIB di Rumah Sakit MNC, Jakarta, sang pahlawan musik anak-anak Indonesia telah kembali ke rahmatullah pada usia yang ke-80.  Beliau meninggal akibat penyakit stroke dan infeksi paru-paru. Jenazah beliau direncanakan akan dimakamkan di  Pemakaman Menteng Pulo tanggal 7/7/2010 pada pukul 09.00 WIB.

Smoga amal dan kebaikannya di terima di sisi Allah SWT, Amin.

Selamat jalan pahlawan  kita,  AT Mahmud..

Smoga alunan nada mu terus berkumandang dalam semangat bangsa Indonesia.

Perihal kertapati89
saya baru saja memulai usaha untuk menulis dan saya rasa itu hal yang bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: